Sabtu, 22 Desember 2012

MATEMATIKA EKONOMI (KESEIMBANGAN PASAR)

Keseimbangan Pasar
  1. Pengertian Pasar
Pasar adalah pertemuan antara pembeli (peminta) dan penjual (penawar), baik dalam pengertian langsung maupun tidak (secara komunikatif)
  1. Harga Pasar
Harga pasar adalah harga yang terjadi pada titik keseimbangan pasar
  1. Titik Keseimbangan Pasar
Titik keseimbangan pasar yaitu titik pertemuan permintaan dan penawaran. Sehingga dapat diambil suatu kesimpulan, keseimbangan pasar terjadi pada titik (harga) dimana kuantitas suatu barang/komoditi yang diminta sama dengan kualitas yang ditawarkan.
Syarat-syarat dari titik keseimbangan pasar adalah
1)      Titik keseimbangan pasar hanya berlaku untuk nilai-nilai positif, terjadi pada kuadran I
2)      Titik keseimbangan pasar hanya berlaku untuk titik yang memenuhi ketentuan bagi curve permintaan dan curve penawaran
Atas dasar persyaratan ini maka tidak mungkin terdapat dua titik keseimbangan pasar bagi curve permintaan dan curve penawaran, walaupun mungkin terdapat dua titik potong dari fungsi permintaan dan penawaran.
  • Apabila harga yang terjadi di pasar lebih tinggi daripada keseimbangan akan mengakibatkan di pasar terjadi kelebihan penawaran (excess supply). Ini artinya pada tingkat harga pasar tersebut sebenarnya banyak produsen yang bersedia menjual barangnya, akan tetapi pembelinya terbatas.
  • Apabila harga yang terjadi lebih rendah dari harga keseimbangan akan mengakibatkan di pasar terjadi kelebihan permintaan (exess demand). Ini artinya pada tingkat harga tersebut sebenarnya masih banyak pembeli yang bersedia membeli barang tersebut akan tetapi jumlah barang yang ditawarkan terbatas.
  • Penentuan harga keseimbangan dengan jumlah barang keseimbangan adalah dengan cara menentukan titik potong antara kurva penawaran dengan kurva permintaan barang tersebut.
barang yang ditawarkan = barang yang diminta
 Qs = Qd

CONTOH SOAL
Bila diketahui fungsi permintaan dari suatu barang adalah x = -2p + 12 dan fungsi penawaran dari barang tersebut adalah x = 2p – 3, dimana x adalah variabel kuantitas barang itu dan p adalah variabel harga barang tersebut, maka carilah titik keseimbangan pasar dari barang itu.
Penyelesaian
Diketahui:
            D : x = -2p + 12
            S : x = 2p – 3
Qs = Qd → -2p + 12 = 2p – 3
                             15 = 4p
                          3 3/4 = p x =4 1/2

jadi tiitk keseimbangannya ( 4 1/2, 3 3/4)





4 komentar:

  1. ada contoh soal tentang harga keseimbangan dengan 2 komoditas tidak? tanpa jawabannya

    BalasHapus
  2. Ada contoh yang lain gak masih kurang faham nih..

    BalasHapus