Sabtu, 08 Desember 2012

PROGRAM LINEAR DAN MODEL MATEMATIKA


Program Linear dan Model Matematika
Program linear adalah suatu metode atau program untuk memecahkan masalah  optimasi yang mengandung  kendala-kendala atau batasan-batasan yang dapat diterjemahkan dalam bentuk sistem pertidaksamaan linear. Penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear ini dapat disajikan dalam daerah himpunan penyelesaian.
Tujuan program linear adalah mencari penyelesain  optimum yang dapat berupa nilai  maksimum atau nilai nilai minimum dari suatu fungsi.
Model matematika  adalah  suatu rumusan matematika (berupa persamaan, pertidaksamaan, atau fungsi) yang diperoleh dari hasil penafsiran atau terjemahan  suatu masalah program linear  ke dalam bahasa matematika.

Contoh soal:
1.        Luas suatu lahan parkir adalah 400m2 . Luas rata-rata suatu mobil dan satu bus masing-masing adalah 8 m 2   dan 24 m2.. Lahan parkir tersebut hanya memuat paling banyak 20 kendaraan. Buatlah model matematika dari persoalan tersebut dengan memisalkan mobil yang sedang diparkir sebanyak x dan bus sebanyak y.
Penyelesaian :
Dari keterangan tersebut , diperoleh hubungan sebagai berikut.
8x + 24y ≤ 400
X + y ≤ 20
Karena x dan y masing-masing menunjukkan banyaknya mobil dan bus, x dan y berupa bilangan cacah. Jadi, model matematika persoalan tersebut adalah
        8x + 24y ≤ 400
        X + y ≤ 20
        X ≥ 0, y≥ 0
        X, y Є C

Untuk lebih jelasnya,  silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar