Fungsi Pertanyaan Dalam Pembelajaran Matematika,
Definisi Pertanyaan Terbuka Dan Pertanyaan Tertutup Dan Contoh Soal Pertanyaan
Terbuka Dan Pertanyaan Tertutup
A.
Fungsi
Pertanyaan dalam Pembelajaran Matematika
Tujuan utama atau fungsi utama
pertanyaan adalah sebagai berikut:
1.
Meningkatkan partisifasi siswa dalam proses belajar mengajar
2.
Meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap
masalah yang ingin dibahas
3.
Meminta siswa berfikir dan mengembangkan pola fikirnya
4.
Membimbing dan menuntun proses berfikir siswa
5.
Memusatkan perhatian siswa terhadap konsep yang sedang dibicarakan
Sedangkan tujuan khusus atau fungsi
khusus pertanyaan adalah:
1.
Memulai pelajaran
2.
Menciptakan kondisi belajar
3.
Memberikan motivasi
4.
Mengarahkan pelajaran
5.
Mendiagnosa
6.
Melihat proses
7.
Mengundang siswa untuk bertanya
8.
Menilai guru
9.
Mengevaluasi siswa
10. Memulai siswa untuk berdiskusi
11. Menegur siswa yang mengganggu
kegiatan belajar mengajar
Berikut pentingnya bertanya dalam
kegiatan belajar mengajar menurut pendapat para ahli:
1.
Jantung strategi belajar yang efektif terletak pada
pertanyaan yang diajukan guru (Fraengkel).
2.
Dari sekian banyak metode pengajaran, yang paling banyak
dipakai adalah bertanya (bank).
3.
Bertanya adalah salah satu teknik yang paling tua dan paling
baik (Clark).
4.
Mengajar itu adalah bertanya (Dewey).
5.
Pertanyaan adalah unsur utama dalam strategi pengajaran,
merupakan kunci permainan bahasa dalam pengajaran (Hyman).
Alasan kognitif lain bertanya adalah
untuk merangsang ingatan memperdalam pengertian, mengembangkan imajinasi dan menggalakkan
penyelesaikan masalah.
B.
Definisi
Pertanyaan Terbuka dan Pertanyaan Tertutup
Menurut
Harlen (1992) dalam Widodo (2006), pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang
hanya mengundang satu atau beberapa respon yang terbatas dan biasanya langsung
menuju satu kesimpulan. Pertanyaan tertutup mempunyai jawaban yang pasti dan
terbatas.
Pertanyaan
terbuka adalah pertanyaan yang mengundang sejumlah jawaban. Pada pertanyaan
terbuka rentangan kemungkinan respon yang dapat diberi adalah lebih luas jika dibandingkan
dengan pertanyaan tertutup. Pertanyaan terbuka memberi
kesempatan kepada siswa untuk berpikir bebas sesuai dengan minat dan
kemampuannya. Dengan demikian kemampuan berpikir matematis siswa dapat
berkembang secara maksimal dan kegiatan-kegiatan kreatif siswa dapat
terkomunikasikan melalui proses pembelajaran.
Tujuannya
adalah siswa diharapkan dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan pola pikir
matematis. Dengan diberikan masalah yang bersifat terbuka, siswa terlatih untuk
melakukan investigasi
berbagai strategi dalam menyelesaikan masalah. Selain itu siswa akan memahami
bahwa proses penyelesaian suatu masalah sama pentingnya dengan hasil akhir yang
diperoleh.
C. Contoh soal
1.
Contoh
pertanyaan terbuka:
Hitunglah luas sisi
bola dan volume bola yang berdiameter 11 cm!
Penyelesaian:
Luas sisi bola = 4πr2
= 4 × 3,14 × 5,5 ×
5,5
= 379,94 cm2
Volume bola = 1/6πd3
= 1/6 × 3,14 × 11 × 11 ×
11
= 696, 56 cm3
2.
Contoh pertanyaan tertutup :
Volume sebuah bola 1.400 cm3. Tentukan jari-jari
selimut bola?
a.
6,7cm
b.
6,8cm
c.
6,9cm
d.
6,6cm
Penyelesaian:
V = 4/3 x π x r3
1.400 = 4/3× 3,14 × r3
1.400 = 4,14 r3
r3
= 334,13
r
=
= 6,9 cm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar